kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.020,20   -5,44   -0.53%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Transaksi e-commerce di ajang Harbolnas 2019 meningkat


Senin, 06 Januari 2020 / 15:16 WIB
Transaksi e-commerce di ajang Harbolnas 2019 meningkat
ILUSTRASI. Suasana konferensi pers Lazada 12.12 Grand Year End Sale di Jakarta (5/12).

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID. JAKARTA.Pesta belanja online terbesar di Tanah Air bertajuk Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 telah selesai. Di ajang festival belanja online yang berlangsung satu hari pada 12 Desember 2019 ini, konsumen dapat memperoleh berbagai macam promo dari e-commerce yang berpartisipasi.

Sejak awal diinisiasi tahun 2012, nilai transaksi dan jumlah penjual yang terlibat aktivitas ini terus meningkat. Tak terkecuali pada event Harbolnas tahun ini. Ignatius Untung, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), menargetkan, total nilai transaksi Harbolnas 2019 bisa tembus Rp 8 triliun.

Jika target itu tercapai, maka nilai transaksi Harbolnas 2019 melampaui event serupa di tahun sebelumnya yang hanya Rp 6,8 triliun. Untung optimistis, nilai transaksi sebesar Rp 8 triliun bisa dicapai di tahun ini. Alasannya, di ajang Harbolnas tahun ini banyak mitra baru yang membuka jaringan lebih luas.

Jumlah peserta tumbuh

Beberapa e-commerce besar, yang sebelumnya belum bergabung dalam Harbolnas, kali ini akhirnya menjadi peserta. Betul, e-commerce yang terlibat memang tidak hanya pelaku bisnis memiliki platform marketplace saja seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Pelaku e-commerce dengan model bisnis lain juga terlibat.

Total, pada Harbolnas tahun ini jumlah e-commerce yang berpartisipasi mencapai 265 perusahaan. Hal yang berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kita masukkan produk hasil bumi. Kami gandeng Sayur Box, Tani Hub, dan Brambang.com, ungkap Untung.

Nah, bagaimana para perusahaan e-commerce memanfaatkan momentum Harbolnas untuk menjaring pelanggan? Dan berapa besar volume dan nilai transaksi penjualan e-commerce di event Harbolnas tahun ini? Berikut ini adalah sejumlah perusahaan e-commerce yang menawarkan berbagai program promo di Pesta 12-12-2019.

Bukalapak

Untuk merayakan momen Harbolnas 12.12 tahun ini, Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12 yang berlangsung selama 1-15 Desember 2019. Isinya ajakan buat masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon atau potongan harga yang diberikan mencapai total Rp 50 miliar.

Beragam promo diskon yang ditawarkan Bukalapak itu, mulai dari diskon langsung, voucer diskon, gratis ongkir (ongkos kirim), flash deal Rp 12, cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti mobil toko, ruko, hingga kos-kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap.

Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak, mengatakan, pada momentum Harbolnas 2019, pihaknya memberikan kesempatan kepada konsumen untuk melampiaskan hobi berbelanja dengan menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12. Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan nafsu belanja, kata Erick.

Karena itu, lanjut dia, selain program Kalap 12.12, Bukalapak juga menggelar program promo Harbolnas pada bulan September lalu yang bertajuk AS11K. "Program ini untuk pengalaman belanja yang asyik, mudah, dan aman bagi semua pengguna Bukalapak dan peminat belanja online di seluruh Indonesia," ucap Erick.

Sejak pertama kali menggelar program Harbolnas 12.12 pada tahun 2015, menurut Erick, pertumbuhan kunjungan, penjualan, dan transaksi di Bukalapak secara konsisten terus tumbuh. Contohnya, dalam program Kalap 12.12, jumlah transaksi melalui Bukalapak naik 80 kali dari periode Harbolnas di tahun 2015 dan jumlah kunjungan naik 15 kali dari tahun 2015.

Kategori produk yang kerap menjadi favorit di event Harbolnas AS11K dan 12.12, antara lain, gadget, fesyen wanita, serta barang-barang kebutuhan rumah tangga. "Secara umum, transaksi Bukalapak rata-rata per hari mencapai kurang lebih 2 juta transaksi di event Harbolnas tahun ini," kata Erick.

Shopee

Perusahaan e-commerce lainnya yang membukukan kenaikan transaksi selama event Harbolnas berlangsung adalah Shopee. Sama halnya Bukalapak, Shopee juga lebih fokus menjaring pelanggan Harbolnas lewat event 11.11 dan 12.12. Pada program bulan November, Shopee menggelar kampanye promo bertajuk Shopee 11.11 Big Sale Shopee. Lalu, Shopee 12.12 Birthday Sale untuk program Desember 2019.

Selama event Harbolnas, Shopee menawarkan promo-promo menarik. Di antaranya, gratis ongkir sepuasnya tanpa minimum pembelian, hadiah Toyota Innova Venturer di 12.12 TV Show, promo midnight cashback hingga 120%, cashback pulsa, hingga promo voucer makanan Rp 12.000.

Sebagai contoh, pada program 12.12 Birthday Sale 2019, Shopee menghadirkan kampanye in-app game interaktif terbaru yaitu Shopee Tanam. Shopee Tanam merupakan game pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan dengan mengirimkan hadiah secara langsung kepada pemenang.

Pengguna diajak untuk menanam buah-buahan pilihan dan menyiramnya secara rutin hingga buahnya siap untuk dipanen. Setelah berhasil, pengguna akan mendapatkan hadiah menarik berupa produk yang sesuai dengan buah yang ditanam secara langsung dengan gratis ongkir.

Menurut Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia, untuk menawarkan promo, Shopee telah mempersiapkan sebaik mungkin sejak awal. Hal ini mulai dari pemilihan tema kampanye, aktivitas marketing online dan offline, sampai pemilihan brand ambassador.

"Melalui kampanye-kampanye tersebut, kami berusaha untuk bisa memberikan pengalaman belanja online yang terbaik bagi seluruh pengguna kami dengan berbagai macam keunggulan berbelanja di Shopee," papar Christine.

Lewat program promo tersebut, Shopee berhasil mencetak penjualan yang positif. Christin mengklaim, pada program 11.11 Big Sale, penjualan naik 3 kali lipat di satu jam pertama dibandingkan tahun 2018.

Dia bilang, sekitar 70 juta total barang terjual pada hari puncak 11 November. Program Shopee 12.12 Birthday Sale juga mendapatkan antusias yang bagus dari pengguna.

Dalam satu jam, Shopee mencatatkan beberapa pencapaian oke. Lebih dari 1,2 juta barang terjual. Kategori produk yang paling banyak dipilih adalah produk kecantikan, fesyen wanita, mobil dan aksesori, barang kebutuhan rumahtangga, dan gadget.

Christine menambahkan, event Harbolnas tahun ini memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan barang di platform Shopee. Dia bilang, pada kuartal III2019, Shopee berhasil mencatat lebih dari 138 juta transaksi terjadi, dengan rata-rata mencapai lebih dari 1,5 juta transaksi per hari atau meningkat 117,8% secara year on year (YoY). "Tahun lalu kami berhasil mencapai 5,4 juta transaksi di Indonesia dalam waktu 24 jam pada hari puncak 12.12 Birthday Sale," katanya.

Christin optimistis, transaksi Shopee pada event 12.12 Birthday Sale akhir tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Meski begitu, dia belum bisa memaparkan target volume dan nilai transaksinya. Yang jelas, kata dia, pihaknya sudah optimal memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna platform.

Ke depan, kata dia, Shopee akan terus berinovasi menciptakan sebuah platform yang dapat memberi pengalaman belanja online terbaik. "Setiap tahunnya Shopee selalu ingin menjadi platform lebih baik. Begitu pun dengan target yang ingin dicapai oleh kami sebagai perusahaan," tandas Christin.

Lazada

Menyambut event Harbolnas tahun ini, Lazada mengusung tagline Grand Year End Sale, Wujudkan Keinginanmu. Program promo digelar Lazada selama 3 hari berturut-turut, 1214 Desember 2019. Melalui promo ini, pengguna bisa belanja produk impian dengan harga spesial dan layanan menarik.

Menurut Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, pada program Grand Year End Sale, pihaknya menggelar promo dengan penawaran khusus. Contohnya, pada 12 Desember, Lazada menghadirkan diskon besar-besaran dari top seller dan brand LazMall.

Lalu, pada 13 Desember yang bertema Last Chance, Lazada memberikan kesempatan terakhir untuk mendapatkan produk-produk terlaris, penawaran khusus, dan cuci gudang dengan diskon hingga 99% di semua kategori dan katalog.

Sementara di 14 Desember dengan tema 2020 Wishlist, Lazada ingin mewujudkan keinginan konsumen dengan barisan brand ternama baru, koleksi khusus new arrival, serta produk eksklusif edisi terbaru.

Selain itu, Lazada juga menawarkan pembelian produk dengan gratis ongkir ke seluruh Indonesia, flash sale beragam produk seharga 12 rupiah, voucer senilai total Rp 12 miliar yang bisa dikumpulkan dengan berbagai cara interaktif, termasuk berbagai gim dalam aplikasi. Lazada juga menghadirkan berbagai aktivitas online berhadiah menarik. Mulai dari mewujudkan keinginan liburan ke Bali hingga ke luar negeri, seperti Korea dan Jepang.

Monika menambahkan, kampanye promo yang digelar perusahaannya tak lain adalah untuk mendukung kemajuan industri e-commerce di Tanah Air. Selain itu juga meningkatkan penggunaan e-commerce kepada masyarakat yang lebih luas di Indonesia, katanya.

Mengutip data Nielsen, Monika menyebutkan, sekitar 83% konsumen yang berbelanja saat 12.12 Harbolnas adalah mereka yang sudah terbiasa berbelanja daring. "Di Harbolnas, 16% konsumen yang pertama kali belanja di Harbolnas, dan 1% konsumen yang baru pertama kali menggunakan ecommerce untuk bertransaksi," imbuh dia.

Sebenarnya, lanjut Monika, masih banyak ruang untuk terus mengedukasi dan menumbuhkan kebiasaan berbelanja online. Dengan banyak promosi, kegiatan, dan fasilitas pembayaran dan infrastruktur logistik yang mendukung, 12.12 menjadi momen yang tepat untuk mengedukasi konsumen baru untuk mencoba dan terbiasa menggunakan e-commerce.

Cuma, Monika enggan membeberkan volume dan nilai transaksi yang dicapai Lazada di event Harbolnas tahun ini. Dia hanya bilang, untuk menyambut event Harbolnas tahun depan, Lazada akan terus berinovasi di sisi teknologi dan infrastruktur. "Pastinya bertujuan untuk memberikan pengalaman end to end terbaik bagi pembeli dan penjual," katanya.

Setiap tahun, Shopee ingin jadi platform lebih baik. Begitu pula targetnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

×